Dua Hari bersama Unstraj

By Yusup Tajri 22 Feb 2020, 19:56:24 WIBKemahasiswaan
Dua Hari bersama Unstraj

Pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 22-23 Pebruari 2020 diadakan kegiatan basic training oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Unstraj (Unit Studi Sastra dan Jurnalisme). Training ini sebagai pelatihan dasar untuk para kader dalam mengembangkan potensi menulisnya. Kegiatan ini dilaksanakan di sebuah tempat yang bernama Taman Bahagia daerah Wanaraja Garut. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 18 orang yaitu terdiri dari 10 mahasiswi dan 8 mahasiswa.

Adapun pemateri yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 3 orang. Pemateri pertama Ustadz Muhammad Ridwan yang membawakan materi tentang sastra. Dalam materi tersebut dijelaskan bahwa yang dinamakan sastra itu adalah bagian dari kehidupan karena sastra bukan hal melulu tentang puisi yang indah bahasanya melainkan ide dan banyak hal lain juga disebut dengan sastra. Selain itu, lingkup sastra lingkup sastra terdiri dari agama, budaya dan seni. Serta disebutkan bahwa agama dan budaya adalah dua hal yang tidak saling mencangkup namun saling berkaitan.

Pemateri kedua oleh Ustadz Yusup Tajri yang membawakan materi tentang jurnalistik. Ustadz Yusup membawakan materinya dengan sangat rinci dan sistematis. Adapun diantara materi yang disampaikan oleh Ustadz Yusup tentang jurnalistik mencangkup jenis-jenisnya, unsur-unsurnya, langkah-langkahnya, ciri jurnalis dan lain sebagainya. Dan pemateri ketiga Ustadz Pepen Irfan akan membawakan bahasan tentang riset esok hari.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh antusias dari peserta. Selain bisa mendapatkan ilmu dan dapat berlatih menulis, peserta juga dapat merasakan indahnya pemandangan serta karya-karya seni yang ada di dalam Taman Bahagia tersebut. Sehingga, belajar pun semakin nyaman dan tidak membosankan. Salah satu peserta menyebutkan bah