Mon. Oct 18th, 2021

Ahad, 02 Mei 2021 dilaksanakan Silaturahmi dan Ifthar Jama’i Civitas Akademika STAI Persis Garut. Acara Silaturahmi dan Buka Bersama di aula ini diikuti para dosen dan keluarga. Adapun tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memperkuat lembaga Staipi. “Diadakannya acara ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar Civitas kampus dan keluarganya. Tujuannya adalah untuk membangun kekuatan Institusi. Sebab Institusi STAI Persis Garut ini akan maju bila didukung berbagai pihak. Salah satunya dukungan penuh dari keluarganya,” sebagaimana diucapkan Dr. Maman Sumpena, M.Si.

Ada beberapa agenda yang dilaksanakan pada acara Buka Bersama ini. Antara lain: Pertama, Pembukaan. Kedua, Prakata dari Dr. Maman Sumpena, M.S.I. Ketiga, Hikmah Ramadhan yang disampaikan oleh KH.A. Zakaria. Keempat, Silaturahmi. Dan Kelima, Buka Bersama. Keenam, Penutup.

Acara ini dimulai pukul 04.00 sore yang dibuka oleh Dr. Yusup Tajri, S.Sos.I M.Pd sebagai MC. Kemudian, setelah pembukaan dilanjut oleh Dr. Maman Sumpena, M.Si menyampaikan prakatanya. Setelah prakata acara kemudian dilanjutkan dengan Hikmah Ramadhan yang disampaikan oleh KH.A. Zakaria. Dalam ceramahnya tersebut beliau menyampaikan bahwa target Shaum Ramadhan itu ada lima: 1) Agar mampu meningkatkan ketakwaan; 2). Syariat shaum itu baik bagi kita sebagai umat Islam; 3) Agar kita mampu lebih bersyukur lagi; 4) Agar di bulan ramadhan ini kita mendapat petunjuk dari Alquran; dan 5) Agar kita faham atau mengerti.

Selain itu beliau juga menjelaskan tentang bagaimana kondisi umat Islam sekarang yang berbeda dengan zaman dakwah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Walaupun tidak hidup di zaman Rasulullah hendaklah kita sebagai umat Islam senantiasa menjalankan tugas dakwah dimana pun berada. Selain itu, hendaklah kita lebih mementingkan urusan akhirat dari pada dunia.

Menjelang berbuka Shaum, setelah mendengarkan Hikmah Ramadhan dari K.H.A. Zakaria, kemudian dilanjutkan acara silaturahmi. Dalam kesempatan ini diperkenalkan siapa saja yang datang pada acara tersebut oleh masing-masing Ketua Prodi. Pertama, Ustadz Irfan Kasyaf sebagai Ketua Prodi Ekosy memperkenalkan yang hadir dari jajaran prodi Ekosy antara lain Ustadz Hasan Firdaus, Ustadz Fadhil Muhammad, Ustadz Andri Permana dan lain-lain.

Yang kedua, Ustadz Azis Asmana mewakili Ustadz Husen Zaenal Muttaqin sebagai Ketua Prodi Ilmu Hadis yang tidak hadir. Sebagai sekretaris Prodi ustadz Azis memperkenalkan yang hadir pada acara tersebut. Dari jajaran prodi Ilmu Hadis adalah Ustadz Daden Robi Rahman, Ustadz Irwan Kurniawan, Ustadz Taupik Apandi, Ustadz Muhammad Nurshidiq, dan yang lainnya. Ketiga, Ustadz Lutfi Hakim sebagai Ketua Prodi IQT. Yang hadir dari jajaran Prodi IQT adalah Ustadz Abdurrahim (motivator di Garut), Ustadz Barikli Mubaroka dan lainnya. Keempat, Ustadz Yusup Tajri sebagai Ketua Prodi PGMI pun memperkenalkan siapa saja yang hadir di acara tersebut. Nampak hadir dosen dari PGMI yaitu Dr. Undang, ustadz Agi, ustadz Solihin, ibu Fenti dan Ibu Nuraeni. Acara tersebut dihadiri kebanyakan dosen yang diundang. Setelah acara silaturahmi dilaksanakan tak lama kemudian adzan maghrib pun berkumandang. Acara Buka Bersama pun dilaksanakan. Kemudian, setelah acara Buka Bersama selesai maka acara pun ditutup dan para dosen beserta keluarganya pun pulang menuju rumahnya masing-masing. (Sadina & Ihda)