Mon. Oct 18th, 2021

STAIPI Garut – Pengurus dan tim mentor Unit Pelaksana Teknis Tahsin Hifzhil Quran (UPT-THQ) STAI Persis Garut mengadakan acara Silaturahmi dan Ifthor Jama’i (Buka Bersama) pada hari Ahad (2/5/2021). Acara tersebut dilaksanakan di kampus STAI Persis Garut. Kegiatan ini bersamaan dengan diselenggarakannya Silaturahmi Akbar & Ifthor Jama’i seluruh dosen dan staff kependidikan kampus STAI Persis Garut di Gedung Aula STAI Persis Garut, sehingga menambah nuansa semarak Ramadhan sore itu.

Silaturahmi dan Ifthor Jama’i UPT-THQ ini dihadiri 17 orang. Diantaranya Ustadz Dr. Daris Tamim, M.Pd. dan Ustadz M. Nur Shidiq, M.Ag. sebagai pengurus kantor UPT-THQ. Begitupula turut serta para mentor dari kalangan dosen, mahasiswa dan alumni.

Selain dalam rangka bersilaturahmi untuk lebih menguatkan ukhwah dan sinergi, pertemuan tersebut dimaksudkan menggapai beberapa tujuan. Ustadz Dr. Daris menyampaikan beberapa poin evaluasi. Khususnya mengevaluasi keberlangsungan program UPT-THQ dengan teknis baru yang telah berjalan selama kurang lebih setengah semester. Di antara bentuk pelaksanaan teknis baru tersebut adalah keringanan tempo pembayaran infak administrasi, dan kemudahan pelaksanaan halaqah dengan pengelompokkan sesuai tingkat semester mahasiswa. Hal ini sebagai upaya meningkatkan daya partisipasi mahasiswa dalam mengikuti halaqah tahsin dan tahfizh di UPTTHQ.

Lebih lanjut, beliau juga mengatakan bahwa diperlukan dan in sya Allah akan diusahakan upaya perekrutan mentor yang lebih gamblang dan intens. Tentu dengan tetap menerapkan   pengujian yang selektif. Ini tidak lain demi meningkatkan kuantitas dan kualitas para mentor tahsin dan tahfizh di UPT-THQ.

Sementara Fikri Rahman Hakim, Ketua Mentor Mahasiswa, menuturkan bahwa diperlukan keterjalinan komunikasi dan spirit  yang sama antara mentor dengan mentee (mahasiswa yang dibimbingnya). Ini diperlukan agar tidak terjadi kemandegan antar keduanya. Pada akhirnya diharapkan terwujud proses keberlangsungan halaqah yang efektif dan mencapai tujuan.

Terlaksananya Silaturahmi dan Ifthor Jama’i ini diharapkan mampu menjalin keterikatan yang lebih kuat serta sinergitas yang lebih baik antar pengurus UPT-THQ dengan para mentor seluruhnya. Selain itu, diharapkan pula agar seluruh komponen kepengurusan UPT-THQ mampu menerapkan spirit Ramadhan ke dalam pergerakan dan perjuangan yang dilakukannya. Ini demi mengayomi para mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan pembelajaran tahsin & tahfizh Al-Quran di kampus STAI Persis Garut. (Fitri Nurlaeli Sakinah)