Mon. Oct 18th, 2021

Dalam situasi pandemi COVID-19 dan pemberlakuan PPKM, STAI Persis Garut tengah dihadapkan pada agenda besar bernama akreditasi. Rencananya kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 14- 15 Juli 2021. Hadir dalam sesi pembukaan, Ketua Bidgar DIKTI PP. Persis, jajaran pengurus STAI Persis Garut, dan tentu saja tim assessor dari BAN-PT, Prof. Dr. Nadra, M.S (Universitas Andalas), dan Dr. Sururin, M.Ag (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sebagai sebuah proses asesmen lapangan, idealnya akreditasi dilaksanakan secara tatap muka, di mana tim assessor hadir dan mengecek secara langsung kondisi riil sebuah lembaga, apakah sesuai dengan borang yang diajukan atau tidak?.  Akan tetapi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini proses asesmen di lakukan secara daring (online) melalui aplikasi Zoom Meeting. Dua slide besar, puluhan unit komputer lengkap dengan earphone, dan juga jaringan internet yang memadai telah disiapkan oleh tim panitia lokal kampus untuk menjembatani proses interaksi antara pihak jajaran pengurus STAI Persis Garut dengan tim assessor.  

Akreditasi kali ini terasa istimewa mengingat untuk pertama kali sejak didirikan STAI Persis Garut baru sekarang terselenggara akreditasi lembaga kampus secara keseluruhan. Sebelumnya, beberapa akreditasi dilaksanakan hanya untuk lingkup Program Studi (Prodi) saja. (Taufik A)