Sat. Jan 22nd, 2022

Rangkaian akreditasi di lingkungan STAI Persis Garut tahun 2021 masih berlanjut. Setelah sekian lama mengajukan borang LPKS dan LED, akhirnya pada pekan kedua di bulan Agustus giliran prodi PGMI  jalani proses asesmen lapangan. Tidak berbeda dengan dua akreditasi sebelumnya (Lembaga dan Prodi Ekonomi Syari’ah), pelaksanaan asesmen dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.  

Barangkali yang menjadi pembeda AL sekarang adalah tim asesor yang bertugas dua-duanya bergelar Profesor; Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd dari Universitas Negeri Jakarta. Dengan gelar akademik yang mentereng seperti itu tentu memunculkan kesan ‘horor’ dan rasa segan luar biasa. Terbayang betapa menegangkannya proses asesmen yang akan dilalui.  

Namun siapa sangka, dalam pelaksanaanya yang diagendakan selama dua hari (11-12 Agustus) proses asesmen justru berjalan penuh keakraban. Ditambah selingan humor-humor segar tapi berbobot khas seorang Profesor membuat raut muka jajaran pengurus Prodi PGMI – diketuai Dr. Yusup Tajri, M.Pd – yang semula tegang menjadi rileks. Apalagi kehadiran Ketua Dewan Penyantun; H. Ena Sumpena, M.Pd.I, Ketua STAI Persis Garut ; Dr. Maman Sumpena, M.Si., dan Ketua Bidgar Dikti PP.Persis ; Dr. M. Rachmat Effendi, M.Pd.I. yang mendampingi sampai selesai semakin menambah ketenangan dan rasa percaya diri. Semoga proses yang baik ini menjadi penanda hasil terbaik yang nanti akan diterima. (Taufik A)