Sat. Jan 22nd, 2022

Jum’at 13 Agustus 2021 keluarga besar STAI Persis Garut tengah berbahagia. Salah satu dosen terbaiknya yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Tiga Bidang Kemahasiswaan, Heri Mohamad Tohari berhasil menyelesaikan program doktoral di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Padjadjaran setelah mempertahankan disertasinya dan berhak menyandang gelar Doktor Sosiologi.

Di hadapan para penguji Heri –sebagai Promovendus- menyampaikan hasil temuan dari penelitiannya terkait konstruk gender dalam mitologi Sunda khususnya dalam literatur carita pantun Sunda menggunakan perspektif sosiologi sastra. Salah satu temuan yang cukup menarik disebutkan bahwa objek subordinasi gender adalah laki-laki. Hal ini tentu berbeda dengan kajian gender mainstream yang menyatakan perempuan sebagai objek subordinasi laki-laki. Kajian dan temuan yang dipaparkan Heri cukup menarik perhatian para penguji. Terutama dalam aspek kebaruan tema dan fokus kajian yang terbilang langka seputar carita pantun Sunda, diantaranya ; Carita Lutung Kasarung, Nyai Sumur Bandung, Mundinglaya Dikususmah, Ciung Wanara, dan Sri Sadana.

Selain keluarga dan sahabat, hadir juga jajaran pengurus STAI Persis Garut  khususnya Ketua ; Dr. Maman Sumpena, M.S.i, Ketua Umum PP. Persis yang juga menjabat sebagai Ketua Senat ; K.H.A Zakaria, serta Ketua PD. Persis Garut sekaligus Ketua Dewan Penyantun : H. Ena Sumpena, M.Pd.I. Proses sidang yang berlangsung selama kurang lebih dua jam dan dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting ini ditutup dengan pengumuman kelulusan Promovendus dengan hasil Cumlaude. Wilujeng Dr. Heri! Sang pakar sosiologi. (Taufik. A)