Sat. Jan 22nd, 2022

Rangkaian kegiatan Masa Pengabdian Masyarakat (MPM) PPKM STAI Persis Garut tahun 2021 telah memasuki sesi terakhir, tepat hari ini, Selasa, 31 Agustus 2021. Salah satu kegiatan penutup para peserta di lapangan berupa penyaluran ratusan paket Al-Qur’an dan paket sembako.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama panitia dan peserta MPM PPKM dengan Yayasan Al-Huda Bogor. Secara simbolis serah terima dilaksanakan pada hari Rabu 18 Agustus 2021 yang lalu, dengan mengambil tempat di Kampus STAI Persis Garut.  Hadir dalam acara ini antara lain: Ketua STAI Persis Garut ; Dr. Maman Sumpena, M.SI., Waket III ; Dr. Heri M. Tohari, M.Pd., Ketua LPPM ; Pepen Irfan Fauzan, M.Hum, Ketua MPM PPKM 2021 ; Riyan Nuryadin, M.Pd.I, serta perwakilan dari Yayasan Alhuda Bogor ; Ustadz Fakhru.

Dalam sambutannya, Ketua STAI Persis Garut menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi pembuktian bagi pihak Perguruan Tinggi  untuk senantiasa membuka diri, berkolaborasi dan bersinergi dengan pihak manapun dalam menebar kebaikan dan kebermanfaatan. Tentu saja, “selama kerjasama yang diusung berbingkai semangat silaturahmi, ta’awun dalam kebaikan, selaras dengan syari’at, dan senafas dengan visi misi STAI Persis Garut”, pungkasnya.

Sementara itu, Ustadz Fakhru sebagai perwakilan pihak yayasan menjelaskan bahwa kegiatan tebar mushaf adalah kegiatan rutin yang dipercayakan oleh pihak yayasan kepada LPPM STAI Persis selama program MPM berlangsung, bahkan telah dimulai sejak beberapa tahun ke belakang. Namun, “Alhamdulillah, untuk tahun ini pihak yayasan dipercaya pula untuk mendistribusikan ratusan paket sembako”, imbuhnya.

Setelah proses serah-terima di Kampus secara simbolis selesai,  ratusan paket Al-Qur’an dan 380 paket sembako mulai didistribusikan kepada para peserta MPM untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat di lokasi pengabdiannya. Teknis dan waktu pendistribusian diserahkan kepada kelompok masing-masing sesuai agenda yang telah ditetapkan masing-masing kelompok, termasuk menyalurkannya pada hari penutupan kegiatan MPM. Tidak semua kelompok mendapatkan program ini. Dengan kata lain, penyaluran ini disebar hanya di beberapa titik dari total 19 titik, yaitu di beberapa kecamatan di sekitar Kabupaten Garut, sesuai dengan zona kegiatan kelompok-kelompok MPM. Mulai dari kecamatan Leles, Pasirwangi, Pameungpeuk, Limbangan, dan yang lainnya. Bahkan, sampai pula di kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis.

Adanya kegiatan ini semakin memperkuat tagline MPM tahun ini ; Kreasi Tanpa Henti Mengabdi Di Masa Pandemi. Walaupun berada dalam masa-masa sulit menghadapi dampak pandemi Covid-19, semangat mengabdi dan berbagi harus tetap tumbuh hidup. Karena itu, dalam rangka memperkuat iman, mushaf Alquran dibagikan. Sementara untuk memperkuat imun, paket sembako disalurkan.* [Riyan Nuryadin / Editor: Taufik A]