Sun. Oct 24th, 2021

Sabtu, 18 September 2021 digelar helatan pelepasan mahasiswa peserta PPL prodi PAI STAI Persis Garut. Kegiatan yg diselenggarakan di Auditorium kampus ini, sekaligus juga diisi dengan pembekalan materi-materi pembelajaran bagi para peserta PPL. Selain para Pimpinan Kampus STAI Persis dan para Dosen Pembimbing Lapangan, kegiatan ini pun dihadiri oleh para Mudir ‘Aam (Pimpinan) Sekolah/Madrasah yang menjadi tempat pelaksanaan PPL, Antara lain: PPI 212 Kudang Wanaraja, PPI 87 Pangatikan, PPI 160 Leles, PPI 133 AlIkhlas Pasirkiamis, PPI 113 Idzhaarul Haq Kersamenak, dan SMP Plus Persis Almanar Bayongbong.

Dalam sambutannya ketika melepas resmikan kegiatan PPL tersebut, Dr. H. Gun Gun Abdul Basit, M. Ag (Waket 1 Bidang Akademik) menyampaikan bahwa “kegiatan PPL ini menjadi ajang pembuktian bagi mahasiswa prodi PAI untuk menjadi guru yg handal dan kompeten. Mahasiswa dituntut untuk mampu mempraktikkan dengan sempurna apa yg telah mereka peroleh selama ini di bangku perkuliahan.”

Sesi pertama pembekalan diisi oleh Dr. Ridwan, M.Pd.I. Ketua Prodi PAI dan sekaligus juga ketua pelaksana PPL PAI tahun akademik 2021/2022 ini  menjelaskan secara rinci Rangkaian Kegiatan dan Tahapan-Tahapan Pelaksanaan PPL. “Demi keberhasilan program, para peserta diharapkan mengikuti alur dan mekanisme pelaksanaan PPL ini dengan mengacu kepada Buku Panduan yg telah dibagikan”, imbuhnya.

Sesi kedua merupakan pembekalan materi pengayaan terhadap implementasi kurikulum dan metode pembelajaran. Materi ini disampaikan oleh Riyan Nuryadin, S.HI, M.Pd.I. Dalam uraiannya, beliau menjelaskan bahwa kemampuan seorang guru untuk beradaptasi terhadap perkembangan kurikulum menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan proses pendidikan.

Sesi Ketiga diisi dengan penguatan aspek Kejam’iyahan dan Akhlak yg harus dimiliki oleh seorang Guru. Pemateri pada sesi ini adalah KH. Ena Sumpena, M.Pd.I. Ustadz Ena mengingatkan bahwa ketika seseorang sudah memantapkan diri menjadi pendidik, maka pada saat yg sama ia harus siap menjadi teladan yang baik, minimal bagi murid-muridnya.

Sesi terakhir ditutup dengan penyampaian materi mengenai Profesionalisme Guru PAI. Materi ini disampaikan langsung oleh ketua STAI Persis sendiri yaitu Dr. Maman Sumpena, M.SI. Dalam penjelasannya, beliau berpesan kepada seluruh peserta PPL untuk senantiasa menjunjung tinggi kode etik dan profesionalisme sebagai seorang Guru/Pendidik. “Buktikan bahwa Anda semua layak untuk menyandang gelar guru yg profesional”, tandasnya.

Setelah dilepas-resmikan dan mendapatkan materi-materi pembekalan tersebut, mahasiswa peserta PPL Prodi PAI STAI Persis Garut ini selanjutnya akan mulai melaksanakan program PPL sampai dengan tanggal 30 Oktober 2021. (Riyan Nuryadin)