Wed. Dec 8th, 2021

Prestasi mahasiswa STAI Persis Garut di luar aktivitas perkuliahan sangat membanggakan. Sebelumnya, ada nama SIlvira Mutiara Balqis (Mahasiswi prodi Ilmu Hadis) yang berhasil meraih juara ketiga Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)ke-47 tingkat Kota Bandung tahun 2021 untuk kategori Tafsir Qur’an Bahasa Arab Putri. Kali ini terdapat tiga lagi mahasiswa, semuanya dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), yang berhasil mengukir prestasi pada ajang Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Garut tahun 2021.  

Di urutan pertama terdapat nama Neng Ayu Riska Surya Putri. Ayu mengikuti PORKAB Garut 2021 mewakili Kecamatan Tarogong Kaler. Siapa sangka, cabang olah raga (CABOR) yang diikutinya adalah Tarung Derajat (AA Boxer). Satu cabor yang dipilih dan mungkin tidak biasa bagi seorang pengajar di sekolah Tahfidz al-Qur’an. Ayu menjadi peserta untuk kategori putri di kelas berat 40,1 Kg ke atas. Dalam pertandingan yang diselenggarakan di GOR SMAN 1 Garut tersebut Ayu harus puas meraih peringkat kedua dan berhak mendapatkan medali perak.

Medali perak diraih juga oleh Rasyid Zidan. Zidan terdaftar sebagai peserta PORKAB Garut 2021 pada cabor sepakbola dan tergabung dalam tim sepakbola Kecamatan Garut Kota. Bersama rekan satu timnya, Zidan gagal menaklukan tim sepakbola Kecamatan Cilawu di laga final yang menghasilkan skor tipis 0 : 1. Hasil tersebut menjadikan tim sepakbola Garut Kota sebagai runner-up (juara kedua) untuk cabor sepakbola PORKAB Garut 2021.   

Berikutnya, ada nama Fanji Rizal Ramadhan yang berhasil meraih medali emas. Medali tersebut diperoleh dari cabor rugby, satu olahraga yang menjadi kembaran dari American Football dan baru tahun ini pertama kalinya dipertandingkan di ajang PORKAB Garut. Fanji terbagung dalam tim rugby Kecamatan Karangpawitan. Di laga final tim Karangpawitan berhasil menundukan perlawanan tim rugby Samarang dengan skor cukup telak 7 : 0. Bagi Fanji, secara pribadi capaian tersebut membuka peluang untuk berkembang lagi, terlebih setelah adanya tawaran khusus untuk mewakili tim rugby Kabupaten Garut pada gelaran Pekan Olahraga Daerah (PORDA) Jawa Barat yang akan datang.

Seperti dikutip dari jabarprov.go.id perhelatan PORKAB Garut untuk tahun 2021 ini cukup semarak. Sebanyak 6098 orang atlet utusan dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut ikut berpartisipasi mengikuti 26 cabor yang diadakan di 19 venue (lokasi). Selama kurang lebih dua minggu pelaksanaan, 21-30 Oktober 2021, para atlet tersebut memperebutkan sebanyak 654 medali emas, 654 medali perak dan 927 medali perunggu.

Walaupun dari ribuan atlet mungkin hanya beberapa yang menyandang identitas sebagai mahasiswa STAI Persis Garut, namun pencapaian prestasi oleh ketiga atlet di atas sangat membanggakan. Selamat! Kalian, Luar Biasa! (Taufik A)