Wed. Dec 8th, 2021

Sabtu, 11 Nopember 2021, Unit Pelaksana Teknis Tahsin dan Hifdzil Quran (UPT-THQ) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persis Garut menyelenggarakan serah terima jabatan (Sertijab). Kepala sebelumnya, Dr. Daris Tamin, M.Pd., secara simbolis menyerahkan map kerja kepada kepala yang baru, Dr. Yusup Tajri, M.Pd. Acara ini sebagai tindak lanjut dari adanya reshuffle pengurus STAI Persis Garut pada Oktober 2021 yang lalu.

Sertijab dilaksanakan di salah satu kelas kampus STAI Persis Garut. Acara tersebut dihadiri para mentor UPT THQ dari kalangan dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 11.00 s.d. 12.00 WIB. Dengan diadakannya acara ini merupakan sebagai peresmian dan menjadi tanda bukti beralihnya kepemimpinan di UPT-THQ.

Acara dipimpin oleh mentor utama UPT-THQ sekaligus dosen prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Hasan Ansori, M.Pd. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Syamsu Rijal, mentor dan mahasiswa prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua UPT-THQ sebelumnya. Dalam sambutannya, Daris menyampaikan perihal awal dibentuknya UPT-THQ di STAI Persis Garut. Lembaga yang mulanya bernama LPTHQ (Lembaga Pembinaan Tahsin Hifdzil Quran) ini dibentuk sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap bacaan Alquran para mahasiswa.

“Selama menjabat satu periode setengah ini saya lebih banyak berkutat pada bagaimana menumbuhkan kepercayaan pada publik STAIPI,” tutur Daris. Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula harapan agar di masa kepemimpinan yang baru nanti berbagai kekurangan bisa diperbaiki dan eksistensi UPT-THQ semakin diperhitungkan, utamanya di kalangan warga kampus.

Daris sendiri merupakan salah satu perintis UPT-THQ selain tiga perintis lainnya, yakni Hj. Ai Nurjanah, S.Pd.I, M.Ag, H. Azis Asmana, Lc., M.Ag., dan Dr. Yusup Tajri M.Pd

Sambutan berikutnya disampaikan oleh kepala yang baru terpilih. Dalam sambutannya, Yusup menyampaikan beberapa program yang akan dijalankan, termasuk diantaranya program pertama yang sudah dilaksanakan berupa survei kemampuan tahsin dan tahfiz mahasiswa pada tanggal 8-13 november 2021. Yusup menambahkan, “Dalam mewujudkan program-program tersebut tentu perlu kepada dukungan dan kerjasama semua pihak, terutama mentor”.

Acara sertijab kemudian ditutup tepat setelah Adzan Dzuhur berkumandang.

(Sri Halimah, Mentor UPT-THQ / Mahasiswi prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir semester 7)