Wed. Dec 8th, 2021

Dalam rangka meningkatkan kualitas dosen dalam menulis jurnal ilmiah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persis Garut -melalui Bidang Akademik- mengadakan kegiatan bertajuk Workshop Penyusunan Artikel Jurnal dan Pengelolaan Jurnal Prodi. Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis, 18 November 2021 bertempat di aula gedung rusunawa milik kampus.

Hadir sebagai pemateri, Prof. Dr. H. Anton Athoillah, M.M, seorang Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung yang sangat berpengalaman dan produktif dalam menulis jurnal ilmiah. Kepakarannya terbukti dalam paparan materi yang disampaikan sangat mudah dicerna juga mudah dipraktikan. Ini tidak lepas dari prinsip Anton yang ingin merubah mindset dan kemampuan para peserta, dari susah menjadi mudah, dari malas menjadi semangat. Karena itu, paparannya tidak melulu ceramah, tetapi juga para peserta diajak untuk mempraktikannya secara langsung.

Menurut Wakil Ketua 1 Bidang Akademik yang juga menjadi ketua penyelenggara workshop, Dr. H. Gun Gun Abdul Basit, M.Ag, terdapat beberapa target yang ingin diraih dari penyelenggaraan workshop tersebut. Selain untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam menulis artikel jurnal, juga sebagai penunjang kenaikan pangkat jabatan fungsional (jafung) dosen, serta terbitnya jurnal berbasis prodi yang tertintegrasi dengan Open Journal System (OJS)

Kegiatan workshop berlangsung dari pukul 08:30-15:00 dan dibagi ke dalam dua sesi sesuai dengan tema yang diajukan. Para peserta yang hadir tidak hanya dari unsur pimpinan, pengurus, dan para dosen di lingkugan STAI Persis Garut tetapi juga para undangan khusus dari unsur para ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) utusan sejumlah perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Garut. (Taufik A)