Sat. Jan 22nd, 2022

Berawal dari sebuah pertemuan antara mahasantri Ma’had Baiturrahman al-‘Aly [Pesantren Mahasiswa STAI Persis Garut] bersama Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan STAI Persis Garut, Dr. Heri M. Tohari., S. Fil, M. Pd, didampingi oleh dosen Ma’had al-‘Aly Barikli Mubaroka, M. Ag, pada Rabu malam, 20 Oktober 2021 di kelas kampus STAI Persis Garut, membicarakan perihal wacana penghijauan area kampus terkhusus area asrama, yang menjadi tempat beraktivitas mahasantri sehari-hari maka lahirlah sebuah program yang diberi nama HEPI.

HEPI, sebuah gagasan yang ditawarkan oleh Dr. Heri kala itu, merupakan singkatan dari “Hejo Pipir” yang berarti hijau area belakang bangunan. Dari proyek besar ini, beliau memberikan beberapa turunan program (Action Item), di antaranya : Saliara Elmu (Pelatihan Ekologi); Saliara Kebon (Pemberdayaan Kebun); Saliara Cai (Pemberdayaan air); Saliara Runtah (Pemberdayaan sampah); Saliara Gemuk (Pemberdayaan Pupuk); dan Saliara Juara (Publikasi).

Tentunya program HEPI ini memiliki tujuan. Secara garis besar, tujuannya adalah memanfaatkan lahan kosong dan melatih para mahasantri memiliki kepedulian lingkungan. Sehingga nantinya area sekitar kampus terutama area asrama terlihat rapih dan nyaman.

Untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya, maka pada hari Ahad, 28 November 2021, Dr. Heri memimpin langsung realisasi program HEPI dengan didampingi menggerakkan para mahasantri untuk terjun langsung ke area asrama, sebagai lokasi yang pertama akan digarap.  

Kegiatan diawali dengan pemberian arahan dan pemanasan fisik, yang dibimbing oleh Dr. Heri sendiri. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan inti hari itu yaitu membersihkan area belakang asrama yang akan ditanami dari berbagai sampah, limbah kayu bekas, dan rerumputan liar.

Setelah selesai para mahasantri kembali berkumpul di depan asrama, untuk mengevaluasi kinerja yang dilakukan. Selain itu, Dr. Heri juga memberikan gambaran terkait program untuk hari Ahad mendatang, yakni akan mulai menampung tanah, bibit, dan pupuk. Diantara bibit yang akan ditanam nanti adalah seledri dan selada. (Lani Lasna Ulhaq /Jurnalis Kampus. Editor: Taufik A)