Aplikasi Pelita Hadits

By Yusup Tajri 19 Jan 2019, 21:08:28 WIBMahad Aly
Aplikasi Pelita Hadits

Pesantren Mahasiswa Ma’had ‘Aly Baiturrahman STAI Persis Garut luncurkan produk aplikasi Pelita Hadits yang sudah bisa diunduh di Google Play Store. Materi hadits yang diambil adalah hadits ‘Arba’in karya Imam an-Nawawi, para penulisnya terdiri dari mahasiswa Ma’had ‘Aly sendiri. Aplikasi pelita hadits cukup bagus tapi ringan untuk dicerna, sistem penulisannya pun tidak berbelit-belit, tanpa mengurangi bobot ilmiah di dalamnya. Para penulis mencantumkan matan hadits, terjemah, takhrij, syarah dan referensi sehingga bobot ilmiahnya tetap terjaga. Penulis berkesempatan untuk mewawancarai salah satu pengurus Ma’had yang juga merupakan penggagas dibuatnya aplikasi tersebut, yaitu Ustadz Yusup Tajri, M.Pd.

Terkait dengan motivasi dibuatnya pelita hadits adalah untuk memanfaatkan kemajuan teknologi yang tidak bisa dihindari. Beliau menjelaskan bahwa “Derasnya arus informasi dan teknologi tidak dapat dihindari. Dengan maraknya media sosial (medsos) yang sampai ke tangan kita mau tidak mau kita terkondisikan olehnya. Satu diantara kebiasaan baru adalah meng-copy paste yang menurut kita baru dan penting diketahui orang lain. Kebiasaan ini menjadikan kita hanya sebagai objek. Satu hal yang masih jarang adalah membuat BC/ kiriman dalam hadits. untuk itulah dibuat Pelita Hadits”.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa dibuatnya Pelita Hadits adalah “Sebagai bentuk sedekah ilmu, penunaian dakwah dan amar ma’ruf – nahi munkar