Guru Abad 21 Melek Teknologi

By Yusup Tajri 13 Jan 2019, 10:22:55 WIBPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Guru Abad 21 Melek Teknologi

Sabtu, 12 Januari 2019 M telah berlangsung acara Diklat Guru Kreatif Abad 21, yang bertempat di Auditorium STAI Persis garut. Acara ini diinisiasi oleh dua Prodi, yaitu Prodi PAI dan PGMI. Tujuannya tidak lain adalah supaya para pendidik abad 21 ini memahami bagaimana karakteristik abad sekarang, sehingga dalam menyampaikan ilmu tidak terkesan tertinggal dan kolot. Tapi seorang pendidik mesti menguasai teknologi dan menjadikannya salah satu alat menyampaikan ilmu pengetahuan, mengingat kecenderungan generasi abad 21 ini sangat tidak bisa dipisahkan dari yang namanya teknologi.

Penguasaan teknologi bagi guru senafas dengan apa yang disampaikan oleh ketua pelaksana, yaitu Ibu Fenti Inayati, M.Ag. Dalam penjelasannya ketika diwawancara oleh penulis di Auditorium beliau menjelaskan bahwa “Untuk menyongsong abad 21 ini, maka diperlukan hal-hal demikian. Sebab pada abad ini tidak sama dengan abad-abad yang lainnya, tapi memiliki beberapa standar. Di antaranya literasi, karakter dan yang paling penting adalah melek teknologi”. Beliau juga menambahkan bahwa acara ini bertujuan supaya pendidik dapat “Mengintegrasikan antara model-model pendidikan yang sesuai dengan abad 21 dengan cara menguasai teknologi informasi”.

            Acara diklat ini diisi oleh empat pemateri utama, dan beberapa serangkaian acara dari prodi PGMI dan mahasiswa dari kedua prodi. Para pemateri utama yaitu pe