Hiwar Praktis

By Yusup Tajri 21 Jan 2019, 10:20:06 WIBPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Hiwar Praktis

Beberapa hari yang lalu, tepatnya 12 Januari 2019, diloncing Hiwar Praktis. Kegiatan yang dilakukan dalam sela-sela Diklat Guru Abad 21 ini merupakan penyampaian software terkait bahasa Arab. Loncing software tersebut disampaikan oleh bapak Yusup Tajri. Tujuan dari loncing software di Gedung Serba Guna (GSG) STAI Persis Garut ini agar penguasaan bahasa Arab semakin menyebar.

Hiwar Praktis merupakan software percakapan bahasa Arab. Sebagaimana diketahui bahwa bahasa Arab merupakan salah satuh bahasa di dunia yang cukup luas penyebaran dan penggunaannya. Meski hari ini tren dunia dipenuhi bahasa bangsa Eropa dan Amerika, namun bahasa Arab mempunyai tempat tersendiri, khususnya umat Islam. Bagi pemeluk Agama Islam bahasa Arab merupakan bahasa Kitab Suci. Al-Qur`ān yang merupakan wahyu dari allah Subḥānahu wa Ta’āla yang diterima Nabi Terakhir yaitu Nabi Muhammad Ṣallāllāh ‘alaihi wa Sallam disampaikan dengan bahasa Arab.

Bahasa Arab bagi umat Islam tidak hanya sebagai bahasa Kitab Suci. Bahasa Arab pun adalah bahasa ibadah, ilmu pengetahuan, dan komunikasi. Kegiatan ibadah resmi semisal salat diharuskan menggunakan bahasa Arab. Begitupula dengan dzikir, do’a-do’a dan ibadah lainnya. Di samping persyaratan dalam ibadah, bahasa Arab pun merupakan bagian dari jembatan ilmu pengetahuan.

Kitab Suci Al-Qur`ān semenjak diwahyukan abad tujuh masehi hingga hari ini telah banyak dijelaskan. Penjelasan tersebut dilakukan oleh para ahli dalam ribuan buku tafsir, syarah hadits, sains, dan lain sebagainya. Bahkan bagi daerah-daerah yang notabene bukan A