Kupas Tuntas Pertarungan Pemikiran Islam

By Yusup Tajri 22 Nov 2018, 07:36:07 WIBMahad Aly
Kupas Tuntas Pertarungan Pemikiran Islam

Beberapa hari yang lalu, tepatnya Selasa, 20 November 2018, pesantren mahasiswa STAI Persis Garut mengadakan seminar bedah buku yang bertempat di auditorium kampus.

Acara ini merupakan salahsatu program Ma'had Baiturahman al-Aliy sebagai pesantren mahasiswa kampus STAI Persis Garut. Kegiatan bedah buku "Pertarungan Pemikiran Islam" ini merupakan bedah buku kedua di tahun 2018 setelah "Jasmewah."

Acara yang dimulai dari pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB ini dibuka dengan laporan ketua pelaksana, sambutan ketua asrama dan terakhir sambutan sekaligus meresmikan acara oleh Ustadz Yusup Tajri, M. Pd sebagai sekretaris Ma'had Baiturrahman al-Aliy. Acara ini berjalan lancar dengan dihadiri oleh mahasiswa, santri, otonom Persis, dan masyarakat umum di Garut. Bahkan dari luar Garut, Seperti mahasiswa STAI Persis Bandung pun ikut hadir.

Bedah buku ini dimoderatori oleh Fajar Sidik. Ia memandu acara bedah buku dengan pemateri utama yaitu Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum sebagai penulis dan pembanding bapak Pepen Irfan Fauzan, M.Hum dan Ahmad Khairul Fata, MA. Bedah buku ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang sejarah kritik-kritik terhadap faham liberal di Indonesia. "Sebenarnya buku ini tidak membahas tuntas tentang kritik pemikiran liberalnya, akan tetapi lebih kepada sejarahnya," ucap Dr. Tiar saat menyampaikan materinya. Beliau mengawali pembicaraan dari latar sejarah masuknya pemikiran dan gerakan pembaharuan yang kemudian berpengaruh di Indonesia. Gerakan ini kemudian juga menimbulkan pemikiran liberal di Indonesia. Keberadaan aliran liberal ini ditanggapi berbagai kalangan di Indonesia. Namun, kritik yang lebih berkualitas dan mendasar semenjak Prof. Rasyidi adalah dari INSISTS yan