Latihan Jurnalistik untuk Dakwah

By Yusup Tajri 10 Nov 2018, 13:06:45 WIBMahad Aly
Latihan Jurnalistik untuk Dakwah

Pelatihan Jurnalistik telah digelar dengan antusias dan dihadiri oleh para mahasiswa STAI Persis Garut. Bersifat "wajib" kepada mahasiswa yang tinggal di asrama Pesantren Mahasiswa STAIPI Garut (sebutan familiar bagi nama kampus tersebut) untuk menghadiri acara pelatihan ini. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 9 November 2018.

Pelatihan ini dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Kegiatan ini diisi pemateri-pemateri yang ahli di setiap tema bahasannya. Tema bahasan pertama mengenai Kiat Menulis dengan Cepat dan Menarik disampaikan oleh al-Ustadz Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum. Beliau menyampaikan materi dari tema bahasannya, penuh dengan gambaran solusi yang mudah juga sederhana sehingga mampu dicerna dan dipraktekkan dengan mudah pula. Selanjutnya tema bahasan yang kedua, membahas mengenai Menulis Berita dengan Mudah yang disampaikan oleh al-Ustadz Yusup Tajri. Beliau juga menyampaikan materi-materi tersebut dengan mudah dan dengan bantuan visual dalam bentuk power point sehingga lebih mudah untuk memeberikan gambaran yang lebih mendalam. Pada akhir penyampaiannya, beliau menginstruksikan kepada seluruh yang hadir untuk membuat sebuah berita yang disesuaikan dengan kemampuan pembuatnya alias tidak memberatkan.

Tiba kepada tema bahasan terakhir yang disampaikan oleh al-Ustadz Pepen Irpan Fauzan, sebagai pengganti pemateri yang direncanakan sebelumnya yaitu bapak Andri Ridwan Fauzi (Mantan wartawan Galamedia). Ustadz Pepen menyampaikan materi yang berkenaan dengan trik mewawancara. Bahasan ini dipenuhi dengan pengalaman berharga, tips dan trik mudah dari seorang Ustadz Pepen Irpan Fauzan.

Pesantren Mahasiswa STAIPI Garut menyelenggarakan acara ini agar terwujud mahasiswa yang sadar akan pentin