Launching Buku MASAGI, Dosen STAI Persatuan Islam Garut Hadirkan Para Pembicara Nasional

By Yusup Tajri 17 Okt 2019, 10:34:05 WIBPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Launching Buku MASAGI, Dosen STAI Persatuan Islam Garut Hadirkan Para Pembicara Nasional

Sabtu, 12 Oktober 2019 STAI Persatuan Islam Garut gelar Pelatihan Literasi Nasional dan Launching Buku MASAGI. Kegiatan ini menghadirkan narasumber nasional. Ratusan peserta dari kalangan guru TK, SD, SMP dan SMA mengikuti pelatihan ini. Tujuan utama pelatihan ini yaitu memperkenalkan model pembelajaran MASAGI dan peluncuran buku MASAGI karya dosen STAI Persatuan Islam Garut.

Pelatihan dibuka dengan materi pertama yang disampaikan oleh Heri Mohamad Tohari, M.Pd. Materi ini membahas mengenai Eksplanasi Content Buku MASAGI: “Penguatan Literasi Berbasis Budaya Lokal (Sunda)”. Pa Heri mengemukakan bahwa lahirnya model dan buku Masagi ini berbasis penelitian di masyarakat semenjak tahun 2014.

Dilanjutkan oleh Tatang Muttaqin, M.Ed., Ph.D. yang memaparkan mengenai “Perkembangan dan Permasalahan Literasi di Indonesia”. Beliau memberi pembahasan terkait pemetaan kondisi literasi secara umum di Indonesia, baik secara kuantitatif maupun kualitatif, serta upaya-upaya pemecahan masalahanya secera teoretis dan praktis.

Materi ketiga tentang “Kebijakan Strategis Pengembangan Keaksaraan Nasional” disampaikan oleh Dr. Abdul Kahar. Poin penting yang dijelaskan adalah mengenai program-program strategis yang dijalankan Pemerintah Pusat dalam rangka pengembangkan lit