Mahasiswa STAI Persis Garut Siap Berdakwah

By Yusup Tajri 10 Nov 2018, 13:02:26 WIBMahad Aly
Mahasiswa STAI Persis Garut Siap Berdakwah

Dalam menyiapkan keberangkatan Kafilah Du'at, Pesantren Mahasiswa STAI Persis Garut menggelar Pelatihan Jurnalistik yang diprakarsai oleh Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M. Hum dan Yusup Tajri, M.Pd selaku ketua dan sekretaris Pesantren Mahasiswa. Pelatihan ini dilaksanakan di aula kantor PD Persis Garut yang beralamat di Jl. Guntur Melati, pada hari Jum'at, 9 November 2018.

Acara besar yang sudah disiapkan jauh-jauh hari ini memang ditujukan secara umum kepada seluruh mahasiswa yang tinggal di asrama, dan secara khusus kepada alumni yang hendak diberangkatkan menjadi kafilah du'at. Mereka dituntut untuk bisa menulis berita atas hal atau peristiwa yang terjadi. Tema yang dihadirkan pada acara ini adalah "Sukses Berdakwah Melalui Reportase Berita". Pemateri yang dihadirkan adalah orang-orang yang mumpuni, yaitu Ust. Tiar dan ust. Yusup, dan Ust. Pepen Irfan Fauzan yang juga kapabel dalam bidang tulis menulis.

Ust Tiar membawakan materi mengenai bagaimana menjadi penulis. Beliau menuturkan bahwa penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Maka secara tidak langsung, beliau menganjurkan para mahasiswa untuk gemar membaca.

Kemudian Ust Yusup Tajri memberikan bahasan tentang bagaimana menulis berita dengan baik. Beliau mengarahkan dan mendidik agar menulis berita itu diniatkan untuk ibadah.

Terakhir, Ust Pepen menyampaikan materi tentang bagaimana proses wawancara dilakukan dengan memberi pertanyaan kepada narasumber. Beliau pun langsug mengarahkan mahasiswa untuk mempraktekannya saat itu juga.

Dengan diadakannya acara ini diharapkan mahasiswa STAI Persis Garut dapat berdakwah bukan hanya bi al-lisan (dengan lidah), tapi mampu juga berd