Pelatihan Jurnalistik bagi Para Calon Da’i

By Yusup Tajri 10 Nov 2018, 13:00:33 WIBMahad Aly
Pelatihan Jurnalistik bagi Para Calon Da’i

Jum’at 09 November 2018, bertempat di AULA PD Persis Garut, Pesantren Mahasiswa STAI Persis Garut mengadakan acara pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa yang wajib tinggal di asrama. Acara itu diadakan, untuk membekali para mahasiswa agar tidak tertinggal dalam hal penyampaian berita ditengah aktifitas yang digeluti, terlebih untuk memberitakan perkembangan tugas dakwah yang akan ditempuh selepas selesai perkuliahan.

Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum., selaku penanggungjawab Pesantren Mahasiswa memberikan sambutan yang sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya beliau menegaskan apa alasan diadakannya acara tersebut. Menurutnya, acara ini sangatlah penting, mengingat tuntutan mahasiswa itu mesti bisa menulis. Sebab, dalam tulisannya itulah ia akan mencurahkan gagasan-gagasan pemikiran yang akan menjadi cikal bakal timbulnya suatu perubahan.

Materi disajikan oleh para pemateri yang berkompeten dalam dunia tulis-menulis. Para narasumber itu ialah, Ustadz Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum., Ustadz Yusup Tajri, M.Pd., dan Ustadz Pepen Irfan Fauzan, M.Hum. Materi pertama bertema “Kiat Menulis Cepat dan Menarik”, materi kedua “Trik Menulis Berita dengan Mudah”, dan materi ketiga adalah “Reportase Berita melalui Wawancara dengan Tepat”. Materi pertama penekanannya lebih kepada kiat-kiat menjadi seorang penulis. Menurut penyaji –Ustadz Dr. Tiar-, dengan mengutip –Kunto Wijoyo dalam salah satu karyanya- bahwa untuk menjadi seorang penulis itu syaratnya ada tiga. Pertama ada