Percikan dari Bedah Buku Sejarah Pemikiran

By Yusup Tajri 21 Nov 2018, 09:13:37 WIBMahad Aly
Percikan dari Bedah Buku Sejarah Pemikiran

Untuk kesekian kalinya, Sakan Ma’had ‘Aly Baiturrahman mengadakan acara bedah buku. Bertempat di Auditorium STAI Persis Garut, selasa 20 November 2018, berlangsung acara bedah buku. Kali ini buku yang dibedah adalah buku “Pertarungan Pemikiran Islam di Indonesia” karya Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum, yang tidak lain adalah penanggung jawab dari Pesantren Mahasiswa Ma’had ‘Aly sendiri. Acara ini bersifat terbuka. Hampir 200 peserta datang. Peserta bukan hanya dari kalangan mahasiswa saja, dari kalangan umum pun ikut memeriahkan acara tersebut.

 “Cukup beralasan untuk membedah buku ini, karena dari segi bobot buku ini mempunyai bobot ilmiah yang sangat baik mengingat buku ini berasal dari disertasi S-3 penulis di Universitas Indonesia. Selain itu, di dalamnya juga menyajikan tema-tema yang menarik. Penulis ingin mengkaji bagaimana wacana pemikiran Islam di Indonesia dari awal abad ke-20 sampai sekarang dari perspektif sejarah”, ujar Ketua Sakan dalam sambutannya. Dengan nada yang sama, panitia penyelenggara pun -yang merupakan mahasiswa semester 3- menyampaikan alasan kenapa diadakan acara bedah buku ini.

Para penyajinya pun merupakan orang yang kompeten dalam bidang sejarah dan pemikiran, yaitu Dr. Tiar Anwar Bachtiar, M.Hum., Pepen Irpan Fauzan, M.Hum., dan Muhammad Abdul Fata, M.A. Penyaji utama adalah penulis buku itu sendiri, dan kedua penyaji lainnya sebagai pembanding. “Sebetulnya, genre buku ini m