Seminar dan Workshop Digitalisasi Hadits

By Yusup Tajri 23 Nov 2018, 13:45:08 WIBIlmu Hadits
Seminar dan Workshop Digitalisasi Hadits

Prodi Ilmu Hadits (Ilha) STAI Persis Garut kembali mengadakan kajian keilmuan berupa workshop dan seminar. Kegiatan pelatihan Digitalisasi Hadits ini diselenggarakan Prodi Ilha bekerjasama dengan tim Pusat Kajian Hadis (PKH) Jakarta. Acara pada hari Rabu-Kamis, 21-22 November 2018  ini dilaksanakan di Auditorium STAI Persis Garut.

Pelatihan ini sengaja difasilitasi pengampu Mata Kuliah Digitalisasi Hadits yakni Ust. Gun Gun Abdul Basit, M.Ag. Mengikuti kegiatan ini pun dijadikan prasyarat kelulusan dalam Matkul tersebut. Tujuan Workshop dan Seminar Digitalisasi Hadits antara lain agar para mahasiswa/i Ilha STAI Persis Garut lebih menguasai teknologi, dapat menjadikan hadits berada dalam genggaman every people in the world (baca: hadits mudah diakses), dan tentunya keberadaan hasil karyanya dapat abadi dan bermanfaat bagi Umat.

Peserta workshop ini adalah mahasiswa/i Ilha Semester 7 beserta beberapa dosen Prodi Ilha, antara lain: Ust. H. Husen Zaenal Muttaqin, Lc., M.Ag., Ust. H. Azis Asmana, Lc., M.Ag., Ust. Yusup Tajri, M.Pd., Ust. Irwan Noviansyah, M.Ag., dan yang lainnya.

Di hari pertama peserta diajarkan tentang pengoperasian Adobe Firework. Aplikasi desain grafis ini bisa digunakan untuk membuat meme dakwah dan desain aplikasi. Acara tersebut berlangsung  hingga pukul 17.30 WIB.

Pada malam harinya pukul 20.00-22.30 WIB diselenggarakan Seminar Digitalisasi Hadits yang diisi langsung oleh direktur PKH yaitu Dr. H. Ahmad Luthfi Fathullah, MA. Sebelum seminar dilangsungkan sambutan dan simbolisasi penyerahan beasiswa. Sambutan STAI Persis disampaikan langsung oleh Ketua STAI Persis Garut yaitu K.H. Aceng Zakaria. Adapun simbolis penyerahan beasiswa dilakukan oleh Ket