Seminar Konsep Hadits Syi’ah

By Yusup Tajri 10 Nov 2018, 12:56:40 WIBIlmu Hadits
Seminar Konsep Hadits Syi’ah

Hari Sabtu, tanggal 27 Oktober 2018 lalu, telah  dilaksanakan seminar nasional yang bertempat di ruang auditorium Kampus STAI Persis Garut. Di dalam seminar ini, dibicarakan secara mendalam, konsepsi hadits syi’ah dan segala permasalahan yang terkait dengannya.

                Seminar ini terselenggara berkat kerjasama Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Hadits STAI Persis Garut dan kampus STAI Persis Garut. “Seminar ini diselenggarakan untuk mengakomodir usulan al-Ustadz Husein Zainal Muttaqien, selaku Ketua Prodi Ilmu Hadits STAI Persis Garut,” tutur Ketua Panitia Seminar, Raja Adha.

                Al-Ustadz Husein memandang bahwa mengkaji hadits Syi’ah amatlah penting. Tidak cukup dengan mengetahui konsep hadits dalam pandangan Ahlu Sunnah saja, namun juga harus tahu tentang konsep hadits mereka (syi’ah) dan mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada padanya.

                Acara yang diselenggarakan oleh para mahasiswa Ilmu Hadits ini berjalan cukup menarik dan amat berbobot. Diisi oleh para pemateri yang benar-benar pakar di bidang ke-Syi’ah-an. Mereka adalah Prof. Baharun sebagai Keynote Speaker, Dr. Syamsuddin Arif mengkaji Akidah Syi’ah, dan KH. Amin Djamaluddin berbicara seputar Sejarah Syi’ah di Indonesia. Sedangkan dua pemateri terakhir, Fahmi Salim MA dan KH. Amin Muchtar membicarakan konsep Hadits Syi’ah.

Semua pemateri menyajikan materinya benar-benar dengan standar ilmiah yang tinggi. Kitab-kitab