Dalam upaya mewujudkan lahirnya Insan kamil yang adil dan beradab sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw Rasulullah yang terkandung dalam nilai-nilai al-Quran dan as-Sunnah diperlukan sebuah lembaga pendidikan bagi proses melahirkan kearah tujuan tersebut. Untuk itu, dibutuhkan peningkatan pembinaan pendidikan dalam rangka tercapai cita-cita menjadi al-insan al-kamil atau menjadi manusia yang sempurna dengan tertanamnya nilai-nilai yang terkandung dalam al-Quran dan as-Sunnah tidak hanya berlaku dalam diri sendiri tetapi wujud dalam seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya yang selaras, serasi, dan seimbang antara kehidupan jasmaniah dan rohaniah, serta kebahagiaan dunia dan akhirat.

Satu kenyataan obyektif, bahwa ormas PERSIS yang merupakan satu dari sekian ormas-ormas di Indonesia yang begitu menaruh perhatian terhadap pendidikan menuntut terlaksananya pengembangan ilmu-ilmu agama, sehingga dapat melahirkan calon-calon ulama dan pendidik yang lahir dari nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur’an dan as-Sunnah. Tuntutan tersebut tidak bisa dihindarkan dalam rangka mencerdaskan kehidupan ummah, maka kehadiran Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam yang mengembangkan ilmu-ilmu keislaman merupakan keniscayaan.

Ormas PERSIS atas dasar prinsip diatas tersebut memberikan pelayanan pendidikan sesuai dengan aspirasi masyarakat yang sejalan dengan falsafah nilai-nilai Islam dan perundang-undangan yang berlaku.

Sejalan dengan tuntutan masyarakat yang semakin meningkat akan peran penyelenggaraan pendidikan tinggi Islam, maka ormas PERSIS menggganggap penting dalam pengadaan lembaga pendidikan tinggi secara institusional, yang diberi nama Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam Garut sebagai upaya meraih cita-cita melahirkan para sarjana yang jujur, amanah dan beradab.  

Pembentukan Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam Garut ini diharapkan dapat mendorong dan melaksanakan usaha melahirkan ulama sekaligus pendidik yang pada gilirannya dapat mengemban dakwah Islam.

Secara lebih spesifik Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam Garut akan menjadi wadah untuk mengkaji, menciptakan, mengembangkan, menerapkan, dan menyebarluaskan ilmu-ilmu yang diajarkan tersebut dengan dijiwai oleh nilai-nilai keislaman sehingga mampu mewujudkan tujuannya yakni menghasilkan sarjana yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlaq, keluasan ilmu pengetahuan dan keislaman juga kematangan profesional sehingga mampu menjadikan dirinya sendiri sebagai uswah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

(1)     Sekolah Tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam  Garut disingkat STAI Persis Garut.

(2)     Sekolah Tinggi bertempat di Garut Jawa Barat Indonesia.

(3)     Sekolah Tinggi berdiri pada tanggal 01 Februari 2001 bertepatan dengan tanggal 25 Syawal 1420 H berdasarkan :

         a. Surat Keputusan PD PERSIS Kab. Garut Nomor 82/B.2-C.1/I.08/2001, tentang Pendirian Sekolah Agama Islam Persatuan Islam Garut.

         b. Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam No. Dj. II/77/03 tentang pemberian izin penyelenggaraan pendidikan program strata satu