Sat. Jul 2nd, 2022

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) STAI Persis Garut kembali mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) pada Kamis 9 Desember 2021. Mubes II ini seyogianya harus dilaksanakan pada tahun 2020, berhubung kondisi pandemi covid-19 belum mereda dan ada beberapa kendala teknis lainnya akhirnya pelaksanaannya diundur. Mubes sendiri adalah amanat yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) yang harus dilaksanakan empat tahun sekali.

Dengan mengusung tema “Revitalisasi alumni STAI Persis Garut dalam membangun keumatan dan kebangsaan” Mubes kali ini diikuti beberapa utusan alumni dari berbagai angkatan. Dalam sesi pembukaan, acara ini dihadiri langsung oleh Dr. Maman Sumpena selaku Ketua STAI Persis Garut dan juga Dr. Gun Gun Abdul Basit selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik serta Dr. Heri M. Tohari selaku Wakil Ketua III Bidang kemahasiswaan. Selain itu tamu undangan juga hadir dari perwakilan lembaga otonom Persis Garut serta pengurus aktif Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) STAI Persis Garut.     

Pengurus perdana IKA baru pertama terbentuk secara formal pada Juli 2016 berbarengan dengan pengesahan AD-ART. Berhubung usia organisasinya yang masih terbilang muda dan masih terkendala dengan beberapa persoalan, kepengurusan IKA tahun 2016-2020 bisa dikatakan belum bergerak secara optimal dan belum memberikan dampak yang signifikan. Ke depan, pengurus IKA yang baru diharapkan bisa membawa organisasi ini ke arah yang lebih baik dan bisa memberikan sumbangsih yang nyata untuk semua kalangan, begitulah sambutan dari H. Hudan Mushafudin, S.Th.I. selaku ketua IKA 2016-2020.

Sementara Dr. Maman Sumpena dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal; pertama, pihak STAI Persis Garut menyambut baik pelaksanaan Mubes meskipun sempat terkendala akibat merebaknya wabah covid-19. Kedua, STAI Persis Garut punya mimpi berubah status jadi Institut, mudah-mudahan bisa didukung oleh semua pihak, termasuk alumni. Ketiga, alumni adalah duta institusi kepada masyarakat, terutama dalam kaitannya sebagai agen perekrutan mahasiswa baru. Karenanya para alumni harus bisa berperan aktif  dalam menebarkan nilai-nilai positif di sekitar lingkungannya.

Keempat, sejatinya alumni adalah pendukung setia, mereka bisa secara leluasa membangun jejaring dengan berbagai pihak dalam berbagai bidang yang pada intinya bisa dimanfaatkan untuk memajukan STAI Persis Garut ke depan. Kelima, Ketua STAI Persis Garut juga berharap bahwa semua alumni bisa bersinergi dengan kekuatan almamaternya dan mudah-mudahan bisa jadi salah satu elemen penunjang untuk kebangkitan STAI Persis Garut.

Agenda Mubes II ini sendiri membahas tiga agenda, yaitu laporan pertanggungjawaban pengurus IKA 2016-2020, menetapkan ADART dan memilih serta menetapan Ketua IKA 2021-2025. Dalam persidangan sendiri ditetapkan beberapa perubahan peraturan organisasi atas usulan dan masukan dari peserta sidang. Di akhir acara, ditetapkan lagi H. Hudan Mushafudin, S.Th.I. selaku alumni Prodi Tafsir Hadis 2007 sebagai Ketua IKA STAI Persis Garut 2021-2025.

Mudah-mudahan Mubes II ini bisa menghasilkan perubahan-perubahan nyata dan memberikan dampak positif yang lebih bagi semua kalangan; para alumni, STAI Persis Garut dan masyarakat umum. Terakhir, kami haturkan salam teriring doa jazakumullahu khairan katsiran kepada semua pihak yang telah turut serta ikut andil dalam menyukseskan pelaksanaan Mubes II IKA STAI Persis Garut tahun 2021, semoga amal soleh semuanya menjadi ganjaran kebaikan di sisi Allah Swt., aamiin.       

(Kinkin Syamsudin/Ketua Mubes II IKA STAI Persis Garut)