Tampil Beda Saat UAS, Prodi PGMI STAI Persis Garut Adakan Pagelaran Karya Seni

Garut- Momen kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) Genap STAI Persis Garut T.A 2023-2024 dimanfaatkan oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dengan mengadakan acara Pagelaran Seni PGMI STAI Persis Garut 2024 pada hari Senin, 8/07/2024.

Adanya kegiatan ini sebagai bentuk adaptasi dan rekonstruksi kurikulum Outcome Based Education (OBE). Artinya, Prodi PGMI perlu melakukan restrukturisasi kurikulum, pengajaran, dan pembelajaran, penilaian dan praktik dalam Pendidikan.

Pagelaran ini mengemas materi dari berbagai mata kuliah yang diintegrasikan. Bagi semester II dan IV terdiri dari mata kuliah Pendidikan Seni, IPS, PKN dan Pengembangan Bahan Ajar di MI/SD. Adapun bagi semester V mata kuliah yang diangkat adalah Kajian Pengembangan Kurikulum dan Inovasi Pendidikan dalam bentuk penampilan Gelar Karya Penyajian Data.

Berbagai mata kuliah tersebut diampu oleh Nuraeni Sugih Pramukti, M.Pd., dan Karima Nur Fitria, M.Pd. dengan dibantu oleh dosen Prodi PAI pada mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran yang diampu oleh Leni Layinah, M.Pd.  

Bertempat di panggung auditorium kampus, acara diawali dengan pementasan taterikal dari 5 materi pilihan yang menarik. Pertama, berjudul The Lagenda’s Trail from Egg to Throne yang berkisah tentang legenda Ciung Wanara. Kedua, Tari Tradisional Kaulinan Barudak untuk Lingkungan Budaya yang Berkelanjutan. Ketiga, Jeritan Hati Para Petani. Keempat, Malik Ka Asal. Kelima, Sacangreud Pageuh Sagolek Pangkek. Acara dilanjutkan dengan pameran karya mahasiswa dengan tema Media Pembelajaran, Miniatur Panggung, Poster Penyajian Data Kajian Kurikulum di MI/SD, dan Kaligrafi.

Apresiasi yang tinggi diberikan untuk kegiatan ini yang dibuktikan dengan banyaknya peserta/penonton yang hadir. Dari internal kampus terdapat nama Dr. Nurul Irfan, M.Ag sebagai Wakil Ketua III, Kabag Pendidikan sekaligus ketua Prodi PAI; Riyan Nuryadin, M.Pd.I, Kabag Perencanaan; Aip Zaenal Muttaqien, SE., M.E., Wakil Direktur Pascasarjana; Dr. Heri M. Tohari, S.Fil, M.Pd. Para dosen PGMI, Mahasiswa PGMI dan PAI, Himpunan Mahasiswa Program Studi, dan Dewan Mahasiswa. Sementara dari eksternal kampus terdiri dari Bidgar Pendidikan PD Persis Garut; Hendra Tohari, M.Ag., mahasiswa Prodi PGMI UNIGA dan Duta Genre dan Duta Baca Kabupaten Garut.

Menurut Nuraeni Sugih Pramukti, M.Pd., sebagai penggagas utama kegiatan ini yang juga Ketua Prodi PGMI sekaligus dosen mata kuliah Pembelajaran IPS dan PKN, kegiatan ini penting diadakan. Terutama sebagai wahana pengembangan minat dan bakat para mahasiswa serta sebagai upaya menghasilkan profil lulusan Prodi PGMI STAI Persis Garut yang unggul melalui kegiatan kreatif, inovatif, dan produktif. (T.A)