Sat. Jul 2nd, 2022

Rangkaian kegiatan New MPM (Masa Pengabdian Masyarakat MPM) PPKM STAI Persis Garut tahun 2021 yang  tersebar di 20 Kecamatan telah berakhir dan secara resmi ditutup pada hari Selasa, 14 September 2021. Kegiatan yang mengambil tempat di aula ini dihadiri oleh Ketua STAI Persis Garut ; Dr. Maman Sumpena, M.SI., Ketua Dewan Penyantun ; H. Ena Sumpena, M.Pd.I  Waket II bidang akademik ;  H. Gun Gun AB, M.Ag., Ketua LPPM ; Pepen Irfan Fauzan, M.Hum, Ketua New MPM PPKM 2021 ; Riyan Nuryadin, M.Pd.I.

Dalam laporannya ketua LPPM menyampaikan bahwa MPM tahun ini mengalami peningkatan kualitas dibanding tahun sebelumnya sebagaimana terlihat dalam 11 aspek yang menjadi indikator keberhasilan MPM. Misalnya, aspek kepuasan masyarakat terkait kesesuaian program MPM dengan harapan masyarakat dari 41 % naik menjadi 53 %.  Dalam aspek Variasi dan Kreativitas Program naik dari 34 % menjadi 46 %. Sementara jika keseluruhan aspek dijumlahkan maka MPM tahun ini mengalami peningkatan dengan kategori Sangat Puas dari 39,9 % naik menjadi 47,5 %.  Capaian ini tentunya sangat menggembirakan berbagai pihak, terutama bagi Ketua New MPM PPKM 2021.

Apresiasi diberikan kepada para peserta berprestasi untuk kategori jurnal terbaik, kelompok terbaik, dsb. Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada sejumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terbaik yang bimbingannya telah memenuhi ekspektasi dan kesesuaian dengan tema MPM tahun ini . Penyerahan penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua STAI Persis Garut.

Adapun  tausiyah disampaikan oleh Ketua Dewan Penyantun sekaligus Ketua PD Persis Garut ; H. Ena Sumpena, M.Pd.I. Dalam paparanya, para peserta diingatkan untuk mengembalikan berbagai capaian keberhasilan selama MPM kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah lah yang mentakdirkan dan memberikan kemudahan kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan MPM. Selain itu, disampaikan pula ungkapan terima kasih terkait berbagai dampak positif yang dihasilkan dari kegiatan MPM ini, khususnya telah membuka jalan cikal bakal pembentukan beberapa Pimpinan Cabang Persis yang baru di Kabupaten Garut. Prestasi terbesar ini merupakan hasil dari realisasi Caturdharma yang dianut oleh kampus STAI Persis Garut berupa ; Pendidikan, Penelitian, Pengabdian, dan Pengembangan Jam’iyah Persis [Taufik A]